Prof. Dr. Hj. Atiek Winarti, M.Pd., M.Sc. merupakan dosen tetap Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat sejak tahun 1993. Beliau lahir di Banjarmasin, 26 September 1969 dan telah meraih gelar Guru Besar pada bidang keilmuan Pendidikan Kimia. Beliau saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat
|
Beliau menamatkan pendidikan S1 Pendidikan Kimia di Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 1992 dan melanjutkan S2 kembali di University of Groningen Belanda pada program studi Educational Effectiveness and Instructional Design, lulus pada tahun 2009. Pada tahun 2015 dosen berputra 2 orang ini telah menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas negeri Surabaya pada bidang Pendidikan Sains dengan judul disertasi “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Teori Multiple Intelligences (MI) untuk Meningkatkan Kecerdasan Majemuk dan Belajar IPA di Sekolah Menengah Pertama“. Beliau dipercaya mengampu sejumlah matakuliah Pedagogical Knowledge seperti Strategi Pembelajaran Kimia, Perencanaan Pengajaran Kimia, Evaluasi Hasil Belajar dan beberapa matakuliah kependidikan lain seperti: Telaah Kurikulum Kimia Sekolah, Metodologi Penelitian, Pengajaran Mikro, Seminar Pendidikan Kimia, serta Desain Instruksional Pembelajaran. Selain mengajar, dosen yang memiliki hobby membaca dan travelling ini pernah dipercaya menjadi Kepala Perpustakaaan Lab PMIPA (2000-2008), Ketua Program Studi Pendidikan Kimia (2015-2019), dan Editor in Chief jurnal Vidya Karya (2013-sekarang). Aktivitas meneliti yang dilakukannya menghasilkan beberapa artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada beberapa jurnal ilmiah nasional terakreditasi, dan jurnal internasional bereputasi Scopus. Beliau merupakan Guru Besar pertama di Program Studi Pendidikan Kimia dan Guru Besar wanita pertama di Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA FKIP ULM
KEANGGOTAAN ORGANISASI PROFESI |
Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) |
Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII) |
Asosiasi Lesson Study Indonesia (ALSI) |
Himpunan Kimia Indonesia (HKI) |
RIWAYAT PUBLIKASI |
Tahun |
Judul Artikel |
Nama Jurnal/ Prosiding |
2022 |
Pengembangan Bahan Ajar Transformative Learning Berbasis Gaya Belajar untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar di Era Covid-19 |
Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah |
2022 |
Pengembangan Media Pembelajaran Komik Kimia Bermuatan Literasi Sains untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik |
QUANTUM:
Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Vol. 13 no. 1 |
2022 |
Development of E-Lkpd Biology Concept to Improve Students Critical Thinking Skills |
JPBIO :Jurnal
Pendidikan Biologi Vol. 7, No. 1 |
2022 |
The Creative Thinking Ability of High School Student to Ecological Problem |
BIO-INOVED:
Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan Vol. 4 No. 2 |
2022 |
Practicality of Biological E-Handout on Mushroom Materials for High School Students |
Journal of
Advances in Education and Philosophy vol 6 no. 6 |
2021 |
Train students' science process skills and self-efficacy in online learning using the Scientific Critical Thinking (SCT) model assisted by google classroom and google meet |
Journal
of Physics: Conference Series Vol. 1760 012034 |
2021 |
Validity of learning devices of buffer solution material based on dilemma stories to increase students' sustainability awareness |
Journal of
Physics: Conference Series Vol. 1831 No. 012028 |
2021 |
Penguatan Kompetensi Profesional Guru MGMP Kimia: Pengembangan Instrumen Evaluasi Diagnostik Multi–tier |
Bubungan
Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.3 No.2 |
2021 |
Integrasi Konsep Multi Representasi dengan Gaya Belajar sebagai Penguatan & Rekonstruksi Pengetahuan dalam Pembelajaran Kimia |
Bubungan
Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.3 No.2 |
2020 |
Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran dan Pembelajaran di SMA Banjarmasin Kalimantan Selatan |
Jurnal
Terapan Abdimas, Vol.5 No.2 |
2020 |
Rasch Modelling: A Multiple Choice Chemistry Test |
Indonesia
Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), Vol.2 No.1 |
2020 |
The Practicality of Macromedia Flash-Based Learning Media to Improve Students Critical Thinking Skills Senior High School Students |
BIO-INOVED:
Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, Vol.2 No.2 |
2020 |
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Problem Posing Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skill) Pada Materi Hidrolisis Garam |
JCAE (Journal
of Chemistry And Education), Vol.4 No.1 |
2020 |
Analisis Pemahaman Konsep Makroskopik-Submikroskopik-Simbolik Menggunakan Pendekatan Submikroskopik Pada Materi Larutan Asam Basa |
JCAE (Journal
of Chemistry And Education), Vol.4 No.1 |
2020 |
Model Pembelajaran Debat Aktif Berbasis ICT pada Materi Koloid Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa |
JCAE (Journal
of Chemistry And Education), Vol.4 No.1 |
2020 |
Implementasi Problem Based Learning Berkonteks Lahan Basah pada Materi Stoikiometri |
JCAE (Journal
of Chemistry And Education), Vol.3 No.3 |
2019 |
How Does the Rasch Model Justify Multiple Choice Question Items as a Measure of Student Understanding of Acid-Base Material at the Sub- microscopic Level? |
International
Journal of Innovation, Creativity and Change, Vol. 7 No. 11 |
2019 |
Keefektifan Strategi Pemecahan Masalah Kolaboratif Berbasis Kecerdasan Majemuk untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis |
Jurnal
Kependidikan LPPM UNY, Vol. 3 No.2 |
2019 |
Penerapan Pembelajaran dengan “Chemistry Mystery Box” pada Materi Sistem Koloid untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kolaborasi Siswa |
JCAE (Journal
of Chemistry And Education), Vol. 3 No. 2 |
2019 |
Peningkatan Profesionalitas dan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah |
Bubungan
Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1 No.1 Tahun 2019 |
RIWAYAT PENELITIAN |
Tahun |
Judul Penelitian |
2024 |
STEM-LC (Science Technology Engineering Mathematics -Learning Community): Pengembangan Model Habituasi Pembelajaran STEM melalui Program Nucleii School di SMP |
2023 |
Penerapan Metode Transcript Based-Lesson Analysis (TBLA) dalam Kajian Keefektifan Implementasi Model Case Based-Learning dan Project based-Learning Berbasis Design Thinking Pada Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi |
2022 |
Integrasi Pembelajaran Transformative Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam Pengembangan Modul Ajar "Desain Pembelajaran Kimia Lahan Basah" untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Berbasis Literasi Budaya Calon Guru Kimia |
2021 |
Pengembangan Modul Pembelajaran Transformatif Berbasis Learning Style untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring |
2020 |
Analisis Pola Interaksi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Kimia Berbasis Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) |
2019 |
Pengembangan Bahan Ajar Kimia Lingkungan Lahan Basah Berbasis Dilemma Stories Pada Pembelajaran Transformatif di FKIP ULM Banjarmasin |
2018 |
Kemampuan Kognitif Dasar dan Kecenderungan Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia; Analysis of Rasch Model Approach & Learning Style Theory |
2017 |
Pengembangan Modul Ajar Inovasi Pembelajaran Kimia Berbasis Ethnosains |