Dra. Hj. Leny, M.Si. merupakan dosen tetap Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat sejak tahun 1985. Beliau lahir di Surabaya, 10 Oktober 1960 dan memiliki spesialis bidang keilmuan Kimia Organik.
|
Beliau menamatkan pendidikan S1 Pendidikan Kimia di IKIP Malang tahun 1983 dan melanjutkan pendidikan Magister ke Universitas Gajah Mada dengan mengambil konsentrasi Kimia Organik dan lulus pada tahun 1996. Beliau dipercaya mengampu sejumlah matakuliah seperti Kimia Organik Dasar, Kimia Organik Fisik, Kimia Organik Sintesis, Kimia Lingkungan Lahan Basah, Fitokimia dan Kimia Medisinal. Ibu dari 2 orang putra ini pernah menjabat sebagai Ketua Laboratorium Kimia periode 1985-1990 dan 1990-1993, sekarang beliau pun masih aktif sebagai anggota Himpunan Kimia Bahan Alam dan Himpunan Kimia Indonesia (HKI).
KEANGGOTAAN ORGANISASI PROFESI |
Himpunan Kimia Indonesia (HKI) |
RIWAYAT PUBLIKASI |
Tahun |
Judul Artikel |
Nama Jurnal/ Prosiding |
2021 |
Sosialisasi Pembelajaran Inovatif Abad 21 yang Berorientasi Keterampilan Metakognisi pada MGMP Kimia se-Kalimantan Selatan |
Bubungan
Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.3 No.2 |
2021 |
Penerapan Pembelajaran e-Learning Model Scientific Critical Thinking untuk Melatihkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah dan Self-Efficacy |
JCAE (Journal of Chemistry And Education), Vol.4 No.3 |
2021 |
Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Melalui Google Classroom Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Hidrolisis Garam |
JCAE (Journal of Chemistry And Education), Vol.4 No.3 |
2021 |
Analisis Berpikir Kritis dan Hasil Belajar pada Model Project Based Learning dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Materi Sel Volta |
JCAE (Journal of Chemistry And Education), Vol.4 No.3 |
2020 |
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Upaya Mengurangi Miskonsepsi Peserta Didik Materi Reaksi Redoks |
JCAE
(Journal of Chemistry And Education), Vol.4 No.2 |
2020 |
Guided Inquiry Assisted Concept Map to Improve Students Metacognition Skills |
Journal of Physics: Conference Series, Vol.1422 No.1 |
2019 |
Model Project Based Learning Berbantuan Media “Chemondro”, Motivasi, dan Hasil Belajar |
Vidya Karya, Vol. 34 No.2 |
2019 |
Peningkatan Profesionalitas dan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah |
Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1 No.1 |
2019 |
Guided Inquiry Assisted Concept Map to Improve Students Metacognition Skills |
Journal of Physics: Conference Series, Vol. 1422 No. 1 |
2019 |
Model Pembelajaran CORE Berbantuan Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Stoikiometri |
Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol. 10 No. 1 Tahun
2019 |
RIWAYAT PENELITIAN |
Tahun |
Judul Penelitian |
2023 |
Pengembangan E-Modul Fitokimia Lahan Basah Berbasis Etno-STEM untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills of Environmental Problem Mahasiswa Kimia |
2022 |
Desain dan Pengembangan Bahan Ajar Fitokimia Lahan Basah Berbasis STEAM-Inkuiri Untuk Akselerasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Literasi Sains Mahasiswa |
2021 |
Efektivitas E-Modul Berbasis 3D Pageflip Professional Menggunakan Model Auditory, Intellectually dan Repititon (AIR) pada Mata Kuliah Kimia Organik Dasar |
2019 |
Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Menggunakan Model Creative Problem Solving (CPS) pada Matakuliah Kimia Organik Fisik |
2018 |
Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Kimia pada Konsep Larutan Penyangga di SMA Negeri Pelaihari |