Dr. Syahmani, M.Si. merupakan dosen tetap Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat sejak tahun 1993. Beliau lahir di Martapura, 23 Januari 1968 dan memiliki spesialis bidang keilmuan Kimia Organik. Beliau saat ini menjabat sebagai Ketua Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA FKIP Universitas Lambung Mangkurat
|
Menamatkan pendidikan S1 Pendidikan Kimia di FKIP Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 1992 dan melanjutkan pendidikan Magister di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan konsentrasi Kimia Organik, lulus tahun 2001. Beliau dipercaya mengampu mata kuliah seperti: Kimia Dasar 1, Kimia Organik Dasar, Kimia Organik Fisik, Kimia Organik Sintesis, Biokimia Dasar, Metabolisme dan Informasi Genetik, Manajemen Pengelolaan Laboratorium, Fitokimia, Kimia Medisinal dan Kimia Kayu dan Pulp. Bapak dari 1 orang putra dan 1 orang putri ini pernah menjabat sebagai Ketua Laboratorium Pendidikan Kimia periode 2007-2015, aktif dalam berbagai penelitian dan pengabdian masyarakat, pemakalah dalam rangkaian seminar baik nasional maupun internasional, dan pada tahun 1993 mendapatkan penghargaan Karya Widya Utama dari Mendikbud RI. Beliau juga saat ini sebagai Koordinator Jurnal di Program Studi Pendidikan Kimia dan pada tahun 2019 ini beliau telah menyelesaikan pendidikan S3 Pendidikan Sains di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dengan judul disertasi “Pengembangan Model Pembelajaran Konstruktivis I-SMART Menggunakan Pemecahan Masalah Kimia untuk Melatih Keterampilan Metakognisi dan Konsep Siswa“. Saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Jurusan PMIPA FKIP ULM untuk periode tahun 2019-2023
KEANGGOTAAN ORGANISASI PROFESI |
Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII) |
Asosiasi Lesson Study Indonesia (ALSI) |
Himpunan Kimia Indonesia (HKI) |
RIWAYAT PENELITIAN |
Tahun |
Judul Penelitian |
2024 |
Pembelajaran Ethno-STEM Augmented Reality Zat Warna dan Motif Sasirangan untuk Mengembangkan Keterampilan Metakognisi, Kreativitas, dan Literasi Lingkungan Mahasiswa |
2024 |
STEAM-Inquiry Based Learning pada Mata Kuliah Biokimia Konteks Lahan Basah untuk Melatih Keterampilan Pemecahan Masalah dan Literasi Sains Mahasiswa |
2024 |
Pengembangan Desain Pembelajaran Kimia Eksperimen Lahan Basah dengan Model SCCrT Berbantuan Virtual Workspace untuk Meningkatkan Keterampilan 6C’s Mahasiswa Society 5.0 |
2024 |
Ethno-STEM Web Based Learning Kimia Organik Berkonteks Lahan Basah untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Literasi Lingkungan Mahasiswa |
2023 |
Pengembangan E-Modul Fitokimia Lahan Basah Berbasis Etno-STEM untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills of Environmental Problem Mahasiswa Kimia |
2022 |
Desain dan Pengembangan Bahan Ajar Fitokimia Lahan Basah Berbasis STEAM-Inkuiri Untuk Akselerasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Literasi Sains Mahasiswa |
2021 |
Efektivitas E-Modul Berbasis 3D Pageflip Professional Menggunakan Model Auditory, Intellectually dan Repititon (AIR) pada Mata Kuliah Kimia Organik Dasar |
2020 |
Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Lingkungan dalam Konteks Lahan Basah |
2019 |
Mempromosikan Perubahan Konseptual Siswa Dalam Konteks Problem Solving Kesetimbangan Kimia melalui Pengembangan Keterampilan Metakognisi |
2019 |
Pengembangan Instrumen Literasi Sains Materi Zat dan Energi Berbasis Lahan Basah |
2018 |
Pemanfaatan Artikel Ilmiah dalam Pembelajaran Biokimia |
2018 |
Pengembangan E-Modul dengan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Media Elektronik 3D PageFlip Professsional pada Materi Stereokimia untuk Mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP ULM |
2017 |
Penggunaan Kitin sebagai Alternatif Fase Diam Kromatografi Lapis Tipis dan Adsorben pada Kromatografi Kolom |
2016 |
Isolasi dan Karakterisasinya Asam Humat dari Tanah Gambut Lahan Rawa |
2016 |
Uji Coba Model Pembelajaran Konstruktivis i-SMART untuk Melatihkan Keterampilan Metakognisi Siswa dan Pemecahan Masalah Kimia SMA |
RIWAYAT PUBLIKASI (5 tahun terakhir) |