login bet88
login romeo303
login romeo303
login romeo303
login romeo303
login romeo303
login romeo303
90bola
vipbet888
vipbet888
vipbet888
vipbet888
wdbos88
royaltoto88
jualtoto88
sritoto88
mikatoto88
cahayatoto88
miototo88
sengtoto88
sengtoto88

Profil Dr. SYAHMANI, M.Si.

Dr. Syahmani, M.Si. merupakan dosen tetap Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat sejak tahun 1993. Beliau lahir di Martapura, 23 Januari 1968 dan memiliki spesialis bidang keilmuan Kimia Organik. Beliau saat ini menjabat sebagai Ketua Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Menamatkan pendidikan S1 Pendidikan Kimia di FKIP Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 1992 dan melanjutkan pendidikan Magister di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan konsentrasi Kimia Organik, lulus tahun 2001. Beliau dipercaya mengampu mata kuliah seperti: Kimia Dasar 1, Kimia Organik Dasar, Kimia Organik Fisik, Kimia Organik Sintesis, Biokimia Dasar, Metabolisme dan Informasi Genetik, Manajemen Pengelolaan Laboratorium, Fitokimia, Kimia Medisinal dan Kimia Kayu dan Pulp. Bapak dari 1 orang putra dan 1 orang putri ini pernah menjabat sebagai Ketua Laboratorium Pendidikan Kimia periode 2007-2015, aktif dalam berbagai penelitian dan pengabdian masyarakat, pemakalah dalam rangkaian seminar baik nasional maupun internasional, dan pada tahun 1993 mendapatkan penghargaan Karya Widya Utama dari Mendikbud RI. Beliau juga saat ini sebagai Koordinator Jurnal di Program Studi Pendidikan Kimia dan pada tahun 2019 ini beliau telah menyelesaikan pendidikan S3 Pendidikan Sains di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dengan judul disertasi “Pengembangan Model Pembelajaran Konstruktivis I-SMART Menggunakan Pemecahan Masalah Kimia untuk Melatih Keterampilan Metakognisi dan Konsep Siswa“. Saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Jurusan PMIPA FKIP ULM untuk periode tahun 2019-2023

KEANGGOTAAN ORGANISASI PROFESI
Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)
Asosiasi Lesson Study Indonesia (ALSI)
Himpunan Kimia Indonesia (HKI)

 

RIWAYAT PENELITIAN
Tahun Judul Penelitian
2024 Pembelajaran Ethno-STEM Augmented Reality Zat Warna dan Motif Sasirangan untuk Mengembangkan Keterampilan Metakognisi, Kreativitas, dan Literasi Lingkungan Mahasiswa
2024 STEAM-Inquiry Based Learning pada Mata Kuliah Biokimia Konteks Lahan Basah untuk Melatih Keterampilan Pemecahan Masalah dan Literasi Sains Mahasiswa
2024 Pengembangan Desain Pembelajaran Kimia Eksperimen Lahan Basah dengan Model SCCrT Berbantuan Virtual Workspace untuk Meningkatkan Keterampilan 6C’s Mahasiswa Society 5.0
2024 Ethno-STEM Web Based Learning Kimia Organik Berkonteks Lahan Basah untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Literasi Lingkungan Mahasiswa
2023 Pengembangan E-Modul Fitokimia Lahan Basah Berbasis Etno-STEM untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills of Environmental Problem Mahasiswa Kimia
2022 Desain dan Pengembangan Bahan Ajar Fitokimia Lahan Basah Berbasis STEAM-Inkuiri Untuk Akselerasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Literasi Sains Mahasiswa
2021 Efektivitas E-Modul Berbasis 3D Pageflip Professional Menggunakan Model Auditory, Intellectually dan Repititon (AIR) pada Mata Kuliah Kimia Organik Dasar
2020 Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Lingkungan dalam Konteks Lahan Basah
2019 Mempromosikan Perubahan Konseptual Siswa Dalam Konteks Problem Solving Kesetimbangan Kimia melalui Pengembangan Keterampilan Metakognisi
2019 Pengembangan Instrumen Literasi Sains Materi Zat dan Energi Berbasis Lahan Basah
2018 Pemanfaatan Artikel Ilmiah dalam Pembelajaran Biokimia
2018 Pengembangan E-Modul dengan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Media Elektronik 3D PageFlip Professsional pada Materi Stereokimia untuk Mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP ULM
2017 Penggunaan Kitin sebagai Alternatif Fase Diam Kromatografi Lapis Tipis dan Adsorben pada Kromatografi Kolom
2016 Isolasi dan Karakterisasinya Asam Humat dari Tanah Gambut Lahan Rawa
2016 Uji Coba Model Pembelajaran Konstruktivis i-SMART untuk Melatihkan Keterampilan Metakognisi Siswa dan Pemecahan Masalah Kimia SMA

 

RIWAYAT PUBLIKASI (5 tahun terakhir)
Tahun Judul Artikel Nama Jurnal/Prosiding
 2020 STEAM Approach to Improve Environmental Education Innovation and Literacy in Waste Management: Bibliometric Research IJOLAE (International of Journal on Learning and Advandce Education) Vol. 3 No.2
 2020 Effectiveness of i-SMART Learning Model Using Chemistry Problems Solving in Senior High School to Improve Metacognitive Skills and Students’ Conceptual Understandings Pedagogika Vol. 138 No.2
 2020 Melatih Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Komunikasi dan Self Efficacy Siswa Menggunakan Model Scientific Critical Thinking (SCT) Pedagoria: Jurnal Kajian Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 11 No.2
 2019 Self-Regulated Learning Model with Mind Map to Improve Students’ Cognition and Metacognition Skills in Solving Chemical Problems JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), Vol.8 No.2
 2019 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Cooperative Problem Solving untuk Melatihkan Keterampilan Metakognisi dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Terhadap Materi Hidrolisis Garam QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol.10 No.2
 2018 The Effect of E-learning Based Schoology on the Learning Outcomes and Problem Solving Skills in Chemistry Proceedings of the 1st International Conference on Creativity, Innovation and Technology in Education (IC-CITE 2018)
 2017 Potency of Chitin as An Adsorbent in Black Water Treatment Process at Peatland Environment Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences Education (ICSSE) 2017
 2017 The Differences of Cognitive Learning Outcomes and Metacognitive Skills Between Students Who Learned By Using PBL and Metacognitive-PBL Model in Salt Hydrolysis Material Proceedings of the 5th South East Asia Development Research (SEA-DR) 2017
 2017 Penggunaan Kitin sebagai Alternatif Fase Diam Kromatografi Lapis Tipis dalam Praktikum Kimia Organik Vidya Karya, Vol.32 No.1
 2017 Self-Directed Questions to Improve Student’s Ability in Solving Chemical Problems AIP Conference Proceedings 1911, 020009
 2017 Metacognitive Skills and Students’ Motivation toward Chemical Equilibrium Problem Solving Ability: a Correlational Study on Students of XI IPA SMAN 2 Banjarmasin AIP Conference Proceedings 1911, 020008