• romeo303

  • https://www.romeo303.com/

  • https://romeo303.net/

  • https://romeo303.org/

  • https://dimasoconstruction.com/

  • https://billytaylorhouse.org/

  • https://www.dukesofbuckingham.org/

  • https://bricksworth.com/

  • https://destileriarutaplata.com/

  • https://mikenickersonforaz.com/

  • https://panaboards.com/

  • http://103.30.194.55/

  • https://jujuyesnoticia.com/

  • Zara77

  • https://zara77.org/

  • Profil Dr. ARIF SHOLAHUDDIN, S.Pd., M.Si.

    Dr. Arif Sholahuddin, S.Pd., M.Si. merupakan dosen tetap Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat sejak tahun 1994. Beliau lahir di Jombang, 14 Februari 1969 dan memiliki spesialis bidang keilmuan Kimia Analitik. Beliau saat ini menjabat sebagai Sekretaris Lembaga Peningkatan dan Pengembangan Pembelajaran (LP3) Universitas Lambung Mangkurat

    Beliau Menamatkan pendidikan S1 Pendidikan Kimia di IKIP Malang pada tahun 1993 dan melanjutkan pendidikan Magister di Universitas Gajah Mada dengan konsentrasi Kimia Analitik, lulus tahun 2000. Beliau dipercaya mengampu beberapa mata kuliah seperti Pemisahan Kimia, Kimia Analitik, Analisis Instrumen, Kimia Bahan Makanan, dan Penulisan Karya Ilmiah serta Ilmu Kealaman Dasar. Pada tahun 2008-2010 beliau menjabat sebagai Bendahara Program Studi Pendidikan Kimia, dan pada tahun 2014-2019 pernah menjabat sebagai Ketua Program Studi Pendidikan IPA FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pada tahun 2018 ini beliau telah menyelesaikan pendidikan S3 Pendidikan Sains di Universitas Negeri Surabaya dengan judul disertasi “Strategi Pembelajaran Berbasis Gaya Kognitif @UnESa-GAIn untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Kemampuan Memecahkan Masalah, dan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar“. Aktivitas meneliti yang dilakukannya menghasilkan beberapa artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada beberapa jurnal ilmiah nasional terakreditasi, dan jurnal internasional bereputasi Scopus.

    KEANGGOTAAN ORGANISASI PROFESI
    Asosiasi Dosen Indonesia (ADI)
    Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)
    Asosiasi Lesson Study Indonesia (ALSI)
    Himpunan Kimia Indonesia (HKI)
    RIWAYAT PUBLIKASI
    Tahun Judul Artikel Nama Jurnal/ Prosiding
    2022 Profile of Students’ Science Process Skills on Substance Pressure Material Proceedings of the Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science, Technology, Education, Arts, Culture, and Humanity (STEACH) International Conference (SEADR-STEACH 2021)
    2022 Menggali Potensi Lokal Desa: Pelatihan Pengolahan Penyanitasi Tangan Aromaterapi dari Limbah Kulit Jeruk Siam Banjar Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.3 No.4
    2022 Pengaruh Pembelajaran Problem Solving terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP JBSE : Journal of Banua science education
    2022 Pemanfaatan Limbah Sasirangan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Literasi Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) pada Materi Koloid JCAE (Journal of Chemistry And Education), Vol.4 No.3
    2022 Problem-Based Learning with Multilevel Representation: A Strategy to Master The Ionic Equilibrium in Solution Concepts JTK (Jurnal Tadris kimiya) vol 7 no 1
    2021 Students’ Caring Attitudes to Wetland Environment: A Case of Environmental Education In Banjar District Indonesia Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol.10 No.1
    2021 Project-based learning on ethnoscience setting to improve students’ scientific literacy AIP Conference Proceedings, Vol.2330, No.020051
    2021 Guided inquiry assisted by metacognitive questions to improve metacognitive skills and students conceptual understanding of chemistry Journal of Physics: Conference Series, Vol. 1760, No. 012023
    2021 Restructuring the pedagogical competence training involving lesson study Journal of Physics: Conference Series, Vol. 1760, No. 012024
    2021 Penguatan Kompetensi Profesional Guru MGMP Kimia: Pengembangan Instrumen Evaluasi Diagnostik Multi–tier Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.3 No.2
    2021 Using a Cognitive Style-Based Learning Strategy to Improve Students’ Environmental Knowledge and Scientific Literacy International Journal of Instruction Vol.14 No.4
    2020 Guided inquiry assisted by metacognitive questions to improve metacognitive skills and students conceptual understanding of chemistry Journal of Physics: Conference Series, Vol.1760 No.1
    2020 Restructuring The Pedagogical Competence Training Involving Lesson Study Journal of Physics: Conference Series, Vol.1760 No.1
    2020 Applying The Cognitive Style-Based Learning Strategy in Elementary Schools to Improve Students’ Science Process Skills Journal of Turkish Science Education, Vol.17 No.2
    2020 Integration of Learning Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) in The Wetland Environment Area to Increase Students’ Creativity Journal of Physics: Conference Series, Vol.1491 No.1
    2020 Can the guided inquiry with environment learning resources increase conceptual understanding and scientific literacy? Journal of Physics: Conference Series, Vol.1422 No.1
    2020 Science, Technology, Engineering, and Mathematics Education for Sustainable Energy in Wetland Environment Proceedings of the 1st South Borneo International Conference on Sport Science and Education
    2020 Penerapan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Kimia Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol.11 No.2
    2020 Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing JCAE (Journal of Chemistry And Education), Vol.3 No.3
    2020 Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Pada Materi Reaksi Reduksi Dan Oksidasi JCAE (Journal of Chemistry And Education), Vol.3 No.3
    2020 Pemberdayaan Perempuan Desa: Produksi dan Pemasaran Nata de Coco Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.1 No.2
    2019 Penguatan Kompetensi Guru dalam Optimalisasi Fungsi Laboratorium Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.1 No.1
    2019 Pendampingan Pengelolaan Laboratorium IPA bagi Guru SMA Negeri 1 Amuntai Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.1 No.1
    2019 Studi Kasus Identifikasi Gaya Belajar dan Multiple Intelligences Mahasiswa Baru Calon Guru Kimia QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol.10 No.1
    2019 Pemberdayaan Perempuan Desa: Produksi dan Pemasaran Nata de Coco Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1 No. 2 Tahun 2019

     

    RIWAYAT PENELITIAN
    Tahun Judul Penelitian
    2022 Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Team Project Based-Learning dengan Sumber Belajar Etnosains Lahan Basah untuk Melatih Keterampilan Mahasiswa Mendesain Pembelajaran Kimia
    2021 Tranformasi Indeginous Science di Lingkungan Lahan Basah Sebagai Materi Pembelajaran Etnosains
    2020 Pengembangan Model Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Lahan Basah di Sekolah Dasar
    2019 Implementasi Model Project-Based Learning pada Pembelajaran Kimia Koloid untuk Melatih Literasi Ilmiah Menggunakan Sumber Belajar Lahan Basah
    2018 Model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah untuk Melatih Literasi Ilmiah
    2017 Screening Potensi Lahan Basah sebagai Sumber Pembelajaran IPA