• romeo303

  • https://www.romeo303.com/

  • https://romeo303.net/

  • https://romeo303.org/

  • https://dimasoconstruction.com/

  • https://billytaylorhouse.org/

  • https://www.dukesofbuckingham.org/

  • https://bricksworth.com/

  • https://destileriarutaplata.com/

  • https://mikenickersonforaz.com/

  • https://panaboards.com/

  • http://103.30.194.55/

  • https://jujuyesnoticia.com/

  • Zara77

  • https://zara77.org/

  • Profil Dr. H. RUSMANSYAH, M.Pd.

    Dr. H. Rusmansyah, M.Pd. merupakan dosen tetap Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat sejak tahun 1993. Beliau lahir di Amuntai, 28 Agustus 1968 dan memiliki spesialis bidang keilmuan Pendidikan Kimia. Beliau saat ini menjabat sebagai Koordinator Program Studi Pendidikan Kimia FKIP ULM

    Beliau  menamatkan pendidikan S1 Pendidikan Kimia di Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 1992 dan melanjutkan pendidikan Magister di Universitas Negeri Malang pada Program Studi Pendidikan Kimia, lulus tahun 1999. Tahun 2019 beliau telah menyelesaikan pendidikan S3 Pendidikan Sains di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dengan judul disertasi “Model Scientific Critical Thinking (SCT) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru Kimia“. Beliau mulai mengajar pada tahun 1993 dan sejak itu sampai sekarang yang bersangkutan dipercaya mengampu sejumlah matakuliah sebagai berikut: Kimia Sekolah 1, Kimia Sekolah 2, Kimia Eksperimen, Statistika Pendidikan, Telaah Kurikulum, Strategi Pembelajaran Kimia, Media Pembelajaran, Metodologi Penelitian, Pengajaran Mikro, Seminar Pendidikan Kimia, Desain Instruksional, Manajemen Berbasis Sekolah dan Kapita Selekta Kimia dan Pendidikan.

    KEANGGOTAAN ORGANISASI PROFESI
    Asosiasi Dosen Indonesia (ADI)
    Himpunan Kimia Indonesia (HKI)
    Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (ADRI)
    Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)

     

    RIWAYAT PUBLIKASI
    Tahun Judul Artikel Nama Jurnal/ Prosiding
    2023 The Implementasi Model PjBL-STEAM konteks lahan basah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol. 9 No. 1, 44–57
    2023 Improving Students' Self-Efficacy in Studying Salt Hydrolysis using the SCCrT Model Jurnal Pendidikan Progresif Vol. 13 No. 2
    2023 Development of Interactive E-Modules of PjBL Models to Improve Understanding of Colloidal Concepts Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol. 9 No. 4, 2173–2183
    2023 Validity and reliability of scientific critical creative thinking model to improve critical thinking skills and creative of chemistry teachers candidates AIP Conference Proceedings 2673
    2023 Development of Science Module on the Topic of Interaction of Living Things and the Environment Using the Scientific Critical Thinking (SCT) Model to Improve Critical Thinking Ability and Self-Efficacy Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol. 9 No. 3
    2023 The Module Development with Creative Problem Solving Model to Improve Creative Thinking Skills and Self-Efficacy of Junior High School Students Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol. 9 No. 1, 422–426
    2023 Improving students' scientific literacy and cognitive learning outcomes through ethnoscience-based PjBL model Journal of Innovation in Educational and Cultural Research Vol. 4 No. 1, 1-9
    2022 Development of Learning Model Tools STEAM-based SCT in Wetland Environment Theme Journal of Educational Chemistry (JEC) Vol. 4 No. 1 Hal 39-50
    2022 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Awareness, Regulation And Evaluation Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kognisi dan Keterampilan Metakognisi Peserta Didik pada Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Vol. 13 No. 1 Hal 49-63
    2022 Meningkatkan Self Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Virtual Laboratory pada Materi Larutan Penyangga JCAE (Journal of Chemistry And Education) Vol. 5 No. 3 Hal 133-143
    2022 Pelatihan Pembuatan Artikel Bagi Guru MGMP Kimia Kabupaten Hulu Sungai Utara Carmin: Journal of Community Service Vol. 2 No. 1 Hal 27-33
    2022 Application of Diagnostic Test Instruments to Detect Student's Misconceptions on Acid-Base Materials Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha Vol. 6 No. 2 Hal 23-33
    2022 Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Peserta Didik dengan Model Scientific Critical Creative Thinking Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 6 No. 2 Hal 124-135
    2022 Implementing a Civic Skills-Focused Problem Posing Model to Enhance Problem-Solving Competencies in Elementary School Students: A Systematic Literature Review Jurnal Pendidikan Humaniora Vol. 10 No. 4 Hal 206-221
    2022 Pelatihan Research and Development bagi Guru MGMP Kimia Kabupaten Hulu Sungai Utara Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 3 Hal 1009-1014
    2022 Practicality of the RODE Learning Model in Order to Improve Student Communication Skills IJORER: International Journal of Recent Educational Research Vol. 3 No. 5 Hal 616-630
    2022 Development of Scientific Critical Thinking (SCT) model learning devices based on Sasirangan local wisdom to improve creative thinking skills AIP Conference Proceedings The 4th International Seminar on Chemical Education (ISCE) 2021 Vol. 2645 No. 1
    2021 Train students' science process skills and self-efficacy in online learning using the Scientific Critical Thinking (SCT) model assisted by google classroom and google meet Journal of Physics: Conference Series Vol. 1760 012034
    2021 Analyze mental model of prospective chemistry teachers with chemical representation teaching material based on 8E cycle learning model AIP Conference Proceedings, Vol.2331, No.040032
    2021 Training of Scientific Literation and Self Efficacy Students Using Scientific Critical Thinking (SCT) Models Journal of Physics: Conference Series, Vol. 1788, No. 012023
    2021 The Effect of Using e-Module Model Problem Based Learning (PBL) based on Wetland Environment on Critical Thinking Skills and Environmental Care Attitudes Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol.7 No.3
    2021 Sosialisasi Pembelajaran Inovatif Abad 21 yang Berorientasi Keterampilan Metakognisi pada MGMP Kimia se-Kalimantan Selatan Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.3 No.2
    2021 Integrasi Konsep Multi Representasi dengan Gaya Belajar sebagai Penguatan & Rekonstruksi Pengetahuan dalam Pembelajaran Kimia Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.3 No.2
    2021 Pelatihan E-Learning Menggunakan ClassDojo di Lingkungan Lahan Basah Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul) Vol.1 No.2
    2020 Students' Cognitive Analysis using Rasch Modeling as an Assessment for Planning of Strategies in Chemistry Learning Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, Vol.5 No.3
    2020 Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Self Efficacy Peserta Didik melalui Model Scientific Critical Thinking (SCT) pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Prosiding Webinar Nasional Pendidikan dan Sains Kimia, Vol.3 No.1
    2020 Melatih Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Komunikasi dan Self Efficacy Ssiswa Menggunakan Model Scientific Critical Thinking (SCT) Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, Vol.11 No.2
    2020 Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Efikasi Diri Siswa SMA Negeri Kelas XI IPA Se Kota Banjarmasin Pada Materi Laju Reaksi JCAE (Journal of Chemistry And Education), Vol.3 No.3
    2020 Meningkatkan Self-Efficacy dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Project Based Learning pada Materi Koloid JCAE (Journal of Chemistry And Education), Vol.3 No.3
    2020 Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran dan Pembelajaran di SMA Banjarmasin Kalimantan Selatan Jurnal Terapan Abdimas, Vol.5 No.2

     

    RIWAYAT PENELITIAN
    Tahun Judul Penelitian
    2023 Pengembangan e-magazine etno-sains Lahan Basah Berbasis Model Scientific Critical Thinking (SCT) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Peserta Didik
    2022 Implementasi Perangkat Pembelajaran Kimia Model Scientific Critical Creative Thinking (SCCrT) Berkonteks Lahan Basah untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif
    2021 Pengembangan Model Scientific Critical Creative (SCCrT) pada Pembelajaran Kimia Berkonteks Lahan Basah untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Mahasiswa
    2020 Implementasi Model Scientific Critical Thinking (SCT) Untuk Melatihkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Self Efficacy Siswa SMA Kota Banjarmasin Pada Materi Laju Reaksi
    2019 Pengembangan Sumber Belajar Kimia Representasi Berbasis model 8E untuk Menganalisis Model Mental dan Pemahaman Level Partikulat Mahasiswa pada Materi Koloid
    2019 Penerapan Model SCT dalam Perkuliahan IPA SD 3 untuk Meingkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Mahasiswa PGSD ULM
    2019 Implementasi Model SCT untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Mahasiswa Kimia dalam Perkuliahan Kimia Sekolah 1
    2019 Kemampuan Kognitif Dasar dan Kecenderungan Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia: Analysis Of Rasch Model Approach Learning Style Theory
    2018 Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Pembelajaran Materi Koloid Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Banjarmasin
    2018 Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self Efficacy Peserta Didik Pada Materi Sistem Koloid Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)
    2017 Identifikasi Kecerdasan Emosional (EI), Emosional Kompetensi ECGN, Hasil Belajar, dan Motivasi melalui Metode Pembelajaran Brainstroming
    2016 Pengaruh Model Pembelajaran GIPS (Guided Inquiry Problem Solving) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Materi Hidrolisis Garam
    2015 Integrasi Gaya Berpikir dan Keterampilan Proses Sains Terpadu Mahasiswa Kimia FKIP Unlam
    2015 Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Menggunakan Strategi Scientific Problem Solving (SPS)