• romeo303

  • https://www.romeo303.com/

  • https://romeo303.net/

  • https://romeo303.org/

  • https://dimasoconstruction.com/

  • https://billytaylorhouse.org/

  • https://www.dukesofbuckingham.org/

  • https://bricksworth.com/

  • https://destileriarutaplata.com/

  • https://mikenickersonforaz.com/

  • https://panaboards.com/

  • http://103.30.194.55/

  • https://jujuyesnoticia.com/

  • Zara77

  • https://zara77.org/

  • PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU TAHUN 2020 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP ULM

    Sebagai rangkaian kegiatan penyambutan kepada mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Kimia FKIP ULM, pada hari sabtu (03/10/2020) dan hari minggu (04/08/2020) telah dilaksanakan “Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat Program Studi” oleh Program Studi melalui Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKI) FKIP ULM secara daring. Kegiatan pada tahun ini dilakukan secara daring, mengingat masih tingginya angka penyebaran COVID-19 dan arahan dari Kemendikbud yang menetapkan pelaksanaan PKKMB tahun 2020 dilaksanakan secara daring penuh. Kegiatan PKKMB tingkat program studi ini merupakan rangkaian PKKMB yang telah mahasiswa baru jalani sejak 26 dan 27 September 2020 lalu.


    Kegiatan PKKMB tahun 2020 berlangsung lancar dan tertib

    Kegiatan ini atau lebih dikenal dengan KDK (Keakraban Dalam Kimia) yang memang rutin digelar tiap menyambut mahasiswa baru tiap tahun. Pada KDK tahun 2020 mengangkat Tema “REAGENSIA KIMIA” yang merupakan singkatan dari “Rakatkan rasa kekEluArGaan, kebErsamaan daN Solidaritas dengan Interaksi Antarmahasiswa Pendidikan KIMIA“. Selain dihadiri oleh mahasiswa baru dan pengurus HIMKI, juga dihadiri oleh dosen dan staff Program Studi Pendidikan Kimia. Kegiatan dimulai dengan sambutan oleh ketua pelaksana yakni Khalidah (NIM. 1910120120016), kemudian dilanjutkan oleh ketua HIMKI Muhammad Nanang Saputra (NIM. 1810120210015) dan disambung oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Kimia, Dr. H. Rusmansyah, M.Pd. serta sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini. Koordinator Program Studi Pendidikan Kimia mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Kimia angkatan 2020 dan selamat menempuh studi di Kampus ini. Ucapan selamat datang juga diucapkan oleh duta mawapres Pendidikan Kimia yakni Aliyya Khairunnisa Adzahra (NIM. 1810120220010) dan Duta Kimia yakni Try Sepakat Zalukhu (NIM. 1910120210024) dan Putri Muji Oktaviati (NIM. 1810120220025), Duta Kimia Runner up 1st Fahrujinor (NIM. 1810120110023) dan Auliya Rahmah (NIM. 1910120120014) serta Duta Kimia Runner up 2nd yakni Rizky Ziddan (NIM. 1810120110004) dan Sri Utami (NIM. 1810120320004).

    Duta Mawapres Pendidikan Kimia



    Duta Kimia



    Duta Kimia Runner up 1st



    Duta Kimia Runner up 2nd

    Acara selanjutnya ialah pengenalan Program Studi Pendidikan Kimia oleh Dr. H. Rusmansyah, M.Pd. selaku Koordinator Program Studi, pengenalan sejarah berdiri, pengenalan Ketua Program Studi dari masa ke masa hingga pengenalan Visi dan Misi Program Studi. Visi dan Misi ini dikenalkan sejak awal kepada mahasiswa baru sebagai salah satu upaya Program Studi mensosialisasikannya kepada mahasiswa. Selain pengenalan Program Studi, dalam kegiatan ini juga memperkenalkan dosen dan staff Program Studi kepada mahasiswa baru.




    Koordinator Program Studi memperkenalkan dosen dan staf Program Studi

    Selanjutnya, pengenalan dan pemanfaatan perpustakaan serta pembelajaran daring oleh Bapak Almubarak, S.Pd., M.Pd. (sekretaris Program Studi). Pengenalan ini dilakukan untuk lebih memperkenalkan sumber pustaka yang dapat diakses oleh mahasiswa yang ada dilingkungan kampus dan beberapa layanan yang dapat diakses secara daring. Selain itu, juga mengenalkan pembelajaran daring kepada mahasiswa baru yang akan mereka langsung hadapi semester ini , mengingat pembelajaran daring akan dilakukan secara 100% penuh sesuai dengan anjuran dari Kemendikbud.



    Pemaparan materi oleh Bapak Almubarak, S.Pd., M.Pd.

    Selanjutnya ialah materi Pencegahan plagiarisme oleh Ibu Rizki Nur Analita, S.Pd., M.Pd. (pengelola keuangan Program Studi). Beliau memaparkan pentingnya pengetahuan plagiarisme sejak dini, mengingat akhir-akhir ini banyak kasus ditemukannya plagiarisme di kalangan dunia kampus mulai dari mahasiswa bahkan tingkat pimpinan kampus. Maka dari itu, dikenalkan sejak dini agar plagiarisme tidak terjadi di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat, dalam hal ini tingkat Program Studi Pendidikan Kimia.



    Pemaparan materi oleh Ibu Rizki Nur Analita, S.Pd., M.Pd.

    Setelah itu, disambung dengan materi Kepemimpinan etika dan motivasi oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia yakni Muhammad Rizal (NIM. 1710120110012). Materi yg disampaikan berkaitan pengalaman menjalani perkuliahan di perguruan tinggi, etika mahasiswa terhadap dosen, kakak tingkat dan adik tingkat serta memberikan motivasi untuk lebih giat dalam menjalani perkuliahan di perguruan tinggi yang sebentar lagi akan mereka hadapi.



    Pemaparan materi oleh Muhammad Rizal (NIM. 1710120110012)

    Pelaksanaan hari kedua KDK (Keakraban Dalam Kimia) dilaksanakan hari minggu (04/10/2020) dengan berbagai macam kegiatan seperti pada hari pertama sebelumnya. Materi pertama ialah pengenalan dan pemanfaatan laboratorium yang dibawakan oleh Bapak Dr. Arif Sholahuddin, M.Si. Beliau memaparkan kegiatan yang dapat dilakukan di laboratorium, keselamatan laboratorium dan kegiatan pembelajaran di laboratorium.



    Pemaparan materi oleh Bapak Dr. Arif Sholahuddin, M.Si.

    Berikutnya ialah materi mengenai pengenalan SIMARI yang dibawakan oleh staf akademik Program Studi Pendidikan Kimia. Beliau mengenalkan menu pada SIMARI yang dapat diakses oleh mahasiswa, mulai dari portal akademik, e-learning ULM, portal wisuda dan bimbingan konseling. Selain itu pula, beliau memaparkan pentingnya mahasiswa mengetahui Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti). Data lengkap saat mereka menyandang status sebagai mahasiswa hingga menjadi alumni nanti, harus terekam jelas dan detail pada PD-Dikti, sebab data PD-Dikti saling terintegrasi dengan base data lain seperti BKN, Dukcapil, Perpajakan dan BPJS.



    Pemaparan materi oleh Staf Akademik Program Studi

    Dilanjutkan materi mengenai kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, dan dibawakan oleh Bapak Dr. Syahmani, M.Si. Beliau memaparkan Program dari Kemendikbud yakni Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang mulai perlahan diterapkan pada mahasiswa angkatan 2020. Selain itu, menyampaikan sebaran mata kuliah kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan menjelaskan program pembelajaran di luar kampus yang merupakan salah satu bagian dari kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.



    Pemaparan materi oleh Bapak Dr. Syahmani, M.Si.

    Materi selanjutnya pengenalan Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKI) FKIP ULM beserta program-program unggulan , pengenalan IKA-HIMKI dan tak ketinggalan pula pengenalan pengurus HIMKI FKIP ULM untuk periode 2020 s.d. 2021.


    Pengenalan HIMKI FKIP ULM


    Pengenalan pengurus HIMKI KIP ULM untuk periode 2020 s.d. 2021


    Program-program unggulan HIMKI KIP ULM



    Pengenalan IKA-HIMKI


    Pembacaan do’a

     

    Dokumentasi oleh: Departemen Media Pencitraan dan Jurnalistik HIMKI FKIP ULM

    #pioneerofinnovation

    About the Author

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may also like these