• romeo303

  • https://www.romeo303.com/

  • https://romeo303.net/

  • https://romeo303.org/

  • https://dimasoconstruction.com/

  • https://billytaylorhouse.org/

  • https://www.dukesofbuckingham.org/

  • https://bricksworth.com/

  • https://destileriarutaplata.com/

  • https://mikenickersonforaz.com/

  • https://panaboards.com/

  • http://103.30.194.55/

  • https://jujuyesnoticia.com/

  • Zara77

  • https://zara77.org/

  • PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU TAHUN 2019 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP ULM

    Sebagai rangkaian kegiatan penyambutan kepada mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Kimia FKIP ULM, pada hari rabu (21/08/2019) bertempat di ruang 28 dan 29 FKIP ULM diadakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2019 oleh Program Studi melalui Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKI) FKIP ULM. Kegiatan PKKMB tingkat program studi ini merupakan rangkaian PKKMB yang telah mahasiswa baru jalani sejak 16 Agustus 2019 lalu dan ini merupakan kegiatan PKKMB terakhir mereka sebelum menjalani awal perkuliahan pada hari senin 26 Agustus 2019.

    Mahasiswa baru antusias dalam kegiatan PKKMB tingkat Program Studi ini

    Kegiatan ini atau lebih dikenal dengan KDK (Keakraban Dalam Kimia) yang memang rutin digelar tiap menyambut mahasiswa baru tiap tahun. Pada KDK tahun 2019 mengangkat Tema “SPEKTRUM KIMIA” yang merupakan singkatan dari “Satukan PEmikian untuk meraih Keakraban dengan menjunjung Tinggi Rasa kekelUargaan Mahasiswa pendidikan KIMIA“. Selain dihadiri oleh mahasiswa baru dan pengurus HIMKI, juga dihadiri oleh dosen dan staff Program Studi Pendidikan Kimia. Kegiatan dimulai dengan sambutan oleh ketua pelaksana yakni Fahrujinor (NIM. 1810120110023), kemudian dilanjutkan oleh ketua HIMKI Muhammad Rizal (NIM. 1710120110012) dan disambung oleh Koordinator Program Studi dalam hal ini diwakilkan oleh sekretaris Program Studi Pendidikan Kimia, Almubarak, S.Pd., M.Pd. serta sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini. Sekretaris Program Studi Pendidikan Kimia mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Kimia angkatan 2019 dan selamat menempuh studi di Kampus ini.

    Sambutan oleh ketua pelaksana KDK 2019

    Sambutan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Kimia FKIP ULM

     

    Almubarak, S.Pd., M.Pd. selaku sekretaris Program Studi Pendidikan Kimia membuka kegiatan PKKMB tingkat Program Studi tahun 2019

    Acara selanjutnya ialah pengenalan Program Studi Pendidikan Kimia oleh Almubarak, S.Pd., M.Pd. selaku sekretaris Program Studi, pengenalan sejarah berdiri, pengenalan Ketua Program Studi dari masa ke masa hingga pengenalan Visi dan Misi Program Studi. Visi dan Misi ini dikenalkan sejak awal kepada mahasiswa baru sebagai salah satu upaya Program Studi mensosialisasikannya kepada mahasiswa. Selain pengenalan Program Studi, dalam kegiatan ini juga memperkenalkan dosen dan staff Program Studi kepada mahasiswa baru.

    Pengenalan visi dan misi Program Studi kepada mahasiswa baru

     

    Salah satu dosen Program Studi yakni Dr. Syahmani, M.Si. diperkenalkan kepada mahasiswa baru

     

    Selanjutnya, pengenalan dan pemanfaatan laboratorium oleh kepala laboratorium kimia Drs. H. Bambang Suharto, M.Si. Pengenalan ini dilakukan untuk lebih memperkenalkan lebih lanjut mengenai laboratorium kimia, yang mungkin pada beberapa mahasiswa baru saat masih duduk di bangku SMA tidak terlalu mengenal laboratorium kimia apalagi sekolah di daerah yang kondisi laboratoriumnya kurang ideal. Pada perkuliahan nanti mahasiswa baru akan sering melakukan praktikum di laboratorium kimia mulai dari praktikum kimia dasar, kimia analitik, kimia anorganik, kimia fisika, kimia organik, biokimia hingga analisis instrumen.

    Kepala laboratorium kimia memperkenalkan sekaligus menjelaskan materi mengenai laboratorium

     

    Mahasiswa baru antusias dalam menyimak pemaparan materi pengenalan dan pemanfaatan laboratorium ini

     

    Setelah pengenalan Program Studi dan Visi Misi Program Studi, dilanjutkan pengenalan pustaka dan plagiasi oleh Rahmat Eko Sanjaya, S.Pd., M.Si. yang dalam hal ini selaku Pengelola Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa (JTAM) Program Studi. Mahasiswa diperkenalkan pustaka bahan bacaan selama perkuliahan yang dapat diperoleh secara langsung pada Perpustakaan Pusat yang dapat dilihat melalui digilab.ulm.ac.id , dan dapat juga diperoleh secara daring (online) di sumber lain seperti Library Genesis (libgen.is) dan lain-lain.

    Rahmat Eko Sanjaya, S.Pd., M.Si. memperkenalkan kepustakaan dan plagiarism

     

    Mahasiswa baru antusias dalam menyimak pemaparan materi pengenalan kepustakaan dan plagiarism

     

    Setelah itu, dilanjutkan pengenalan Surat Keterangan Pendampingan Ijazah (SKPI) dan Sistem Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM) oleh Dr. Syahmani, M.Si. Pengenalan ini bertujuan memperkenalkan sejak awal kepada mahasiswa baru mengenai SKPI dan SKKM ini. Mahasiswa baru nanti saat kelulusan selain memperoleh ijazah dan transkrip akademik juga memiliki SKPI, yang diperoleh dari nilai SKKM yang mereka peroleh selama perkuliahan. Standar SKKM bagi mahasiswa program Strata-1 yakni minimum 100 SKP dengan rincian kriteria Cukup apabila mahasiswa memperoleh 100 s.d. 150 SKP, kriteria Baik apabila mahasiswa memperoleh 151 s.d. 200 SKP dan Sangat Baik apabila mahasiswa memperoleh > 200 SKP.

    Dr. Syahmani, M.Si. memperkenalkan sekaligus menjelaskan materi mengenai SKPI dan SKMM kepada mahasiswa baru

     

    Mahasiswa baru antusias dalam menyimak pemaparan materi pengenalan SKPI dan SKKM ini

     

    Kemudian dilanjutkan oleh penampilan masing-masing kelompok dari mahasiswa baru, penyampaian sharing pengalaman dari kakak tingkat dan pengenalan HIMKI FKIP ULM kepada mahasiswa baru.

    Yel-yel pada salah satu kelompok mahasiswa baru

     

    Sharing pengalaman perkuliahan dari kaka senior

     

    Pengenalan HIMKI kepada mahasiswa baru oleh Ketua HIMKI

     

    Pengenalan HIMKI kepada mahasiswa baru oleh Wakil Ketua HIMKI

     

    Makan siang bersama panitia beserta mahasiswa baru

     

    Foto bersama mahasiswa baru

     

     

    Dokumentasi oleh: Departemen Media Pencitraan dan Jurnalistik HIMKI FKIP ULM

    #pioneerofinnovation

    About the Author

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may also like these