• romeo303

  • https://www.romeo303.com/

  • https://romeo303.net/

  • https://romeo303.org/

  • https://dimasoconstruction.com/

  • https://billytaylorhouse.org/

  • https://www.dukesofbuckingham.org/

  • https://bricksworth.com/

  • https://destileriarutaplata.com/

  • https://mikenickersonforaz.com/

  • https://panaboards.com/

  • http://103.30.194.55/

  • https://jujuyesnoticia.com/

  • Zara77

  • https://zara77.org/

  • ONMIPA-PT

    ONMIPA-PT

    (Alvian Ikhsanul Fatya – Alumni Prodi Pendidikan Kimia, Angkatan 2012)

    Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) merupakan ajang kompetisi Mahasiswa di bidang Sains (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (DIKTI). ONMIPA-PT terbagi menjadi tiga tahap seleksi, yaitu seleksi tingkat Universitas, seleksi tingkat Wilayah, dan seleksi tingkat Nasional. Pada tingkat Nasional, 64 peserta akan diambil 20 peserta yang akan menerima penghargaan berupa medali emas, perak, perunggu, dan honorable Mention.

    Pengalaman saya mengikuti ONMIPA-PT dimulai pada semester 4 yaitu tahun 2014. Seleksi tahap pertama berlangsung pada februari 2014. Berbekal pengetahuan selama persiapan OSN 2011 dan perkuliahan sampai pertengahan semester 4, saya berhasil meraih peringkat 1 pada tingkat Universitas. Sebuah kebanggan tersendiri karena saya mahasiswa FKIP bisa mengalahkan peserta lainnya dari fakultas lain dan semester yang lebih tinggi. Saya bersama 6 perwakilan kimia dari ULM dikirim ke tingkat wilayah. Soal tingkat wilayah lebih sulit dari tingkat univesitas. Karena pada saat itu, soal tingkat universitas belum dibagi menjadi 4 bidang kimia, yaitu kimia analitik, kimia organik, kimia fisika, dan kimia anorganik. Baru mulai tahun 2015 soal tingkat universitas dikembangkan menjadi 4 bidang tersebut. saat itu saya masih berstatus sebagai mahasiswa semester 4, sehingga saya ragu bisa mengalahkan mahasiswa kimia se-kalimantan. Beberapa minggu setelah seleksi, saya dapat pesan singkat yang menyatakan saya mewakili wilayah Kalimantan ke tingkat nasional, ALHAMDULILLAH.

    Berbekal pengetahuan “seadanya” , sayapun mengikuti ONMIPA-PT tingkat wilayah ditemani WD 3 saat itu. Tak ada target apapun di tingkat Nasional. Saya hanya ingin mengetahui tingkat kesukaran soal ONMIPA-PT. Pengalaman yang unik pada ONMIPA-PT saya adalah “saya belajar dari soal!”. Soal ONMIPA-PT banyak yang bersifat soal dengan kalimat panjang. Kalimat tersebut saya coba pahami maksud dan tujuannya. Yang paling saya ingat soal tentang argentometri, saya belum belajar tentang titrasi tersebut. tapi Alhamdulillah saya berhasil menjawab soal tersebut dan memperoleh sesuatu yang baru, yaitu metode volhard pada titrasi argentometri. Saat pengumuman juara, tak terpikirkan oleh saya bahwa nama saya akan dipanggil. Rasa santai karena saya puas menjawab berbagai soal walau tak semuanya benar saya rasakan. Tetapi semua berubah ketika nama saya dipanggil ke atas podium untuk menerima penghargaan honorable Mention. Merinding, jantung berdegup kencang, dan ingin berteriak sekeras mungkin. Alhamdulillah saya bisa mempersembahkan Honorbale Mention pertama pada cabang kimia di ONMIPA-PT 2014. 2 Tahun berikutnya saya juga berhasil mengulangi kesuksesan di tingkat Univesitas dan Wilayah. Tetapi saingan di tingkat Nasional menjadi semakin kuat, saya hanya bisa masuk 28 besar (2015) dan 26 besar (2016) dari 64 peserta.

    Tips saya untuk adik-adik yang ingin mengikuti ONMIPA-PT, tingkatkan kemungkinan berhasil dan minimalkan kemungkinan gagal, dengan cara :

    1. Tanamkan sikap ingin tahu, manfaatkan waktu luang untuk mengatasi rasa ingin tahu tersebut. seperti waktu saya di tingkat nasional 2014, saya tidak dapat menjawab tentang gerak partikel di dalam berbagai dimensi. Materi tersebut tidak ada diajarkan di pendidikan Kimia, sehingga saya memutuskan belajar sendiri dan Alhamdulillah saya memahami materi tersebut.
    2. Jangan benci bidang yang tidak kamu kuasai. Sebelum menjadi mahasiswa, saya paling tidak menguasai materi kimia organik. Tetapi saya memiliki target semester 4 harus bisa mempelajari 2 jilid buku kimia organik dan Alhamdulillah tercapai.
    3. Resaplah materi yang diberikan dosen kita selama proses belajar mengajar.
    4. Practice makes you better. Setiap memahami pelajaran baru, carilah contoh-contoh soal terkait. Lancar kaji karena diulang !

    Trik dari saya adalah “tingkatkan kemungkinan berhasil, dan minimalkan kemungkinan gagal!” dengan cara:

    1. Jika ONMIPA-PT Kimia ada 4 bidang, pilihlah minimal 2 bidang yang kalian kuasai. Ingatlah tidak semua orang bisa memahami semua bidang tersebut. Pelajari dengan mantap semua materi yang ada pada bidang tersebut.
    2. Setelah 2 bidang tersebut kalian rasa mantap. Selanjutnya minimalkan kemungkinan gagal dengan pelajari bidang lainnya yang belum kalian kuasai. Carilah banyak referensi yang mudah dipahami, dan jangan lupa sering latihan soal. Sesulit apapun materi tersebut jika sering diulang pasti kalian bisa!

    ONMIPA-PT 2014

    aaa DSC_0785 press

     

    ONMIPA-PT 2015

    DSC_0129press

    Jpeg

    ONMIPA-PT 2016

    FB_IMG_1462163218788press IMG-20160518-WA0004press IMG-20160518-WA0006press IMG-20160523-WA0004press

     

    About the Author

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may also like these