VISI MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI

Video Profil Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat

VISI

Sebagai program studi terkemuka yang menjadi pelopor dalam inovasi pembelajaran kimia dengan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pendidik yang unggul, berkarakter dan berwawasan lingkungan lahan basah pada tahun 2025.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan pendidikan profesi yang inovatif, terakreditasi, berdaya saing tinggi, mandiri dan berkepribadian.

  2. Mengembangkan pembelajaran kimia inovatif dalam kaitannya dengan strategi, model dan media pembelajaran melalui penelitian dasar dan terapan, demi meningkatkan soft skills dan hard skills

  3. Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dibidang pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat di lingkungan lahan basah sebagai wujud pengembangan kompetensi sosial, demi peningkatan keterampilan profesional guru kimia.

  4. Melaksanakan kolaborasi atau kerja sama dengan berbagai pihak dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat regional, nasional maupun internasional secara efektif, efisien dan berkesinambungan untuk pengembangan bidang pembelajaran.

TUJUAN

Sejalan dengan tujuan dan misi Universitas Lambung Mangkurat, tujuan Program Studi Pendidikan Kimia adalah:

  1. Menyiapkan dan menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial yang unggul dalam bidang pendidikan kimia serta memiliki karakter religius dan kreatif.

  2. Menyiapkan dan menghasilkan tenaga pendidik yang mampu memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan, baik sebagai tenaga pendidik, perencana pembelajaran, pengambil keputusan, maupun peneliti melalui kerjasama dengan lembaga terkait.

  3. Menghasilkan penelitian dan publikasi yang bermutu dalam pengembangan inovasi pembelajaran serta berkarakter khas lingkungan lahan basah terkait dengan strategi, model, maupun media pembelajaran.

  4. Mengembangkan dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian melalui pengabdian masyarakat serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat terutama di daerah lingkungan lahan basah dan memperkaya kebudayaan nasional.

  5. Menjalin kerjasama di bidang pendidikan kimia dengan berbagai pihak baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Arsip