BEASISWA ISLAMIC DEVELOPMENT BANK (IsDB SCHOLARSHIP)

Islamic Development Bank atau Bank Pembangunan Islam bagi negara-negara anggota IsDB serta komunitas muslim di negara non anggota memberikan penawaran program beasiswa, mulai dari beasiswa program Strata 1 (S1), magister (S2), doktor (S3) hingga postdoctoral dan riset.

IsDB memberikan beasiswa mencakup biaya kuliah penuh, tunjangan hidup bulanan di negara tepat studi, biaya kesehatan (biaya berobat), dan bagi yang kuliah di luar negeri memperoleh tiket pesawat pulang-pergi (pp) serta biaya pendidikan lain. IsDB juga memberikan tunjangan komputer dan tunjangan persiapan tesis/disertasi bagi program Magister (S2), Doktor (S3) dan postdoctoral.

Pendaftaran dilakukan secara online pada laman resmi IsDB yakni: https://isdbscholarships.smartsimple.com/s_Login.jsp . Panduan serta daftar program studi yang dapat dilamar dapat mengakses laman ini: https://isdbscholarships.smartsimple.com/files/1772194/f220208/Final_Updates_on_Scholarship_Portal_%5BEnglish_Version%5D3.pdf

Buat akun terlebih dahulu dan melengkapi berkas yang dihendaki oleh pihak IsDB pada laman tersebut. Pendaftaran beasiswa IsDB 2019 – 2020 dibuka mulai tanggal 16 Desember 2018 hingga 28 Februari 2019.

Seleksi kandidat diawasi oleh Komite Seleksi, terdiri dari akademisi di semua bidang terkait pengembangan dan diketuai oleh Penasihat Senior untuk Sains, Teknologi dan Inovasi (STI). Komite menyaring dan menyusun peringkat pelamar, berdasarkan kriteria seleksi sendiri, dengan tetap memperhatikan persyaratan kelayakan dan kriteria seleksi Program. Tujuannya untuk mengidentifikasi kandidat dengan potensi tertinggi, dan setelah menyelesaikan studi, mereka siap mengabdikan diri.